Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Recipies’ Category

Sate Ayam Tahun Baru

sate

Malam tahun baru 2009, pinginnya bakar sate ayam madura di belakang rumah.Searching dengan mbah google, dapet resep yang menurutku pas dan gampang bikinnya. Mulailah siangnya berburu bahan-bahan resep di dapur bunda bersama anak-anak.

Kemudian berbagi tugas, menyiapkan segala sesuatunya untuk acara bakar membakar malam nanti. Panggangan mulai dibersihkan, tempurung kelapa dijemur. Anak-anak ada yang mengupas bahan-bahan bumbu, beli bumbu kaldu di warung karena persediaan di dapur ngga’ ada, ada yang menusuk daging satenya, pokoknya rame deh. Finishingnya baru saya yang menyelesaikan mulai dari menghaluskan kacang tanah, menghaluskan bumbu, menumis sampai memasak adonan bumbu. Beres, tinggal cuci perabotan yang habis digunakan. Lho…bundanya kemana ? koq. ngga’ terlibat…iya katanya kecapekan, jadi cuma beliin tusuk sate dan menyiapkan fillet ayam, karena dari pagi sudah bikin lontong, opor ayam, acar mentimun+bawang merah.

Sehabis Isya’ , mulai anak yang kecil mulai tidak sabar untuk segera mulai acara bakar-bakaran. Alhasil, enak koq Pa..satenya kayak yang biasa kita beli. Anda mau coba, masak sate, berikut untuk porsi 2 orang (kemarin kami buat untuk 3 kg daging ayam, tentunya bumbunya disesuaikan). Selamat mencoba.

Bahan:
250 g fillet ayam, potong dadu, tusuk dengan tusukan sate
1 buah jeruk nipis, iris
3 butir bawang merah, iris tipis
5 sdm kecap manis
lontong secukupnya

Bumbu Kacang:
3 butir bawang merah
4 butir bawang putih
100 g kacang tanah, goreng
2 butir kemiri
garam secukupnya
150 ml air kaldu
2 sdm minyak goreng

Sambal Bawang:
4 siung bawang putih
10 buah cabe merah kecil
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Bumbu Kacang: goreng kacang tanah lalu haluskan, bawang putih, bawang merah, garam, dan kemiri, haluskan.
Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum, masukkan air kaldu lalu masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, masak hingga mengental. Angkat.
2. Campurkan 2 sdm bumbu kacang dengan 2 sdm kecap manis untuk celupan sate. celupkan sate kedalam campuran ini, bakar hingga setengah matang. Angkat dan gulingkan kembali dalam bumbu, bakar hingga matang, angkat.
3. Sambal bawang: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga setengah matang, angkat. Campur bawang putih, cabe merah kecil, dan garam, haluskan.
4. Sajikan sate ayam dengan bumbu kacang, kecap manis, bawang merah, sambal bawang, jeruk nipis, lontong.

Read Full Post »

Pecel Lele

Maunya sih makan pecel lele tetapi masak sendiri, cuma yang jadi masalah resepnya nyari dimana. Di beberapa situs internet memang banyak yang menyediakan resep-resep ini. Cuma kalau mau dicobain semua kan…iiiih nggak la ya. Selagi hunting diinternet, aku tertarik sama resep yang diposting oleh pak Budiono karena kata pengantarnya yang cukup bikin mau nyoba (yang masak isteriku tentunya, kalau aku cuma makannya aja). Begini nih kalimat yang bikin penasaran:

Banyak jenis wirausaha boga, salahsatunya adalah membuka warung atau rumah makan yang menyediakan menu pecel lele. Hidangan ini cukup banyak peminatnya, modalnya tidak terlalu besar dan menjanjikan laba yang lumayan besar. 

Salah satu kunci sukses wirausaha boga adalah citarasa hidangan yang harus lezat. Berikut resep pecel lele lengkap dengan sambalnya, resep sudah diuji coba dan mempunyai rasa yang lezat sehingga cocok untuk wirausaha. lengkapnya dapat dilihat di link aslinya :  http://myhobbyblogs.com

Pecel Lele

 Bahan:

4 ekor ikan lele ukuran sedang, bersihkan, kerat badannya

Minyak untuk menggoreng

Bumbu Perendam, aduk rata:

  • 1 sdt ketumbar, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 75 ml air

Sambal Pecel Lele:

  • 5 buah cabe merah besar, goreng
  • 10 buah cabe rawit, goreng
  • 2 buah tomat, goreng
  • 4 siung bawang putih, goreng
  • 2 siung bawang merah, goreng
  • 4  buah kemiri, goreng
  • 1 sdt air jeruk limau/nipis
  • 1 sdt garam

Lalapan Pelengkap:

  • Timun
  • Daun kemangi
  • Tomat

Cara Membuat:

  1.  Rendam lele dengan larutan bumbu perendam. Biarkan 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan minyak, goreng lele hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.
  3. Sambal Pecel Lele: Campur semua bahan sambal di dalam cobek, haluskan dengan ulekan hingga lembut.
  4. Penyajian: Siapkan piring saji, atur lele, lapanan dan sambal pelengkap. Hidangkan segera selagi panas panas.

Untuk 3 Porsi

Tip: Gunakan api dengan sedang agar lele matang dan kering merata. Sayuran untuk lalapan bisa diganti sesuai selera. Lele bisa diganti dengan bawal atau ayam.

 Nah…mau dicobain dulu yah..kalau enak tak update lagi hasilnya

Read Full Post »

Brownies Kukus

Isteriku minta dicariin resep tentang brownies kukus, setelah keluar masuk beberapa url dan blog, aku nemuin nih resep yang katanya sih resep Ny.Liem. Yang jadi penasaran karena di blog itu ada promosinya gini “
Setelah mencoba macam2 resep brownies kukus, resep Ny. Liem inilah yang menurutku paling oke 🙂 lembutttt banget gitu lho..”. Ah..aku ngga’ tahu siapa tuh Ny.Liem, lagian itukan pasti pavoritnya ibu-ibu yang suka bikin kue, pokoknya cobain aja deh nih resep…..ee…taunya emang bener lho setelah dibuat oleh Nyonyaku eunaaak kayak yang dibeli di Bandung itu. Lumayan ngga’ usah pesan ke Bandung lagi kalau lagi pingin….tinggal kukus aja sendiri…

Resepnya katanya begini,
Ingredients:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak

Susu Kental Manis (SKM) 75 ml

Directions:
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata. Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.

Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurang lebih 20 menit. Angkat.

Read Full Post »